Pakaian Ihram Wanita yang Benar

4 bulan yang lalu    

   Dalam berbagai macam perlengkapan umrah yang perlu kita persiapkan, pakaian ihram merupakan perlengkapan utama dan sangat penting dalam pelaksanaan ibadah haji. Lalu jika selama ini masih banyak orang yang belum paham mengenai bagaimana cara berpakaian ihram untuk wanita yang benar dan apakah ada ketentuan tersendiri dalam berpakaian ihram wanita, di kesempatan kali ini kita akan membahasnya, Yuk simak!

 

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang ihram, ada baiknya jika kita mengerti terlebih dahulu apa sih arti sebenarnya dari ihram tersebut. Kata ihram sendiri diambil dari bahasa Arab, lebih tepatnya dari kata “Al-Haram” yang berarti terlarang atau tercegah. Dinamakan “ihram” karena dengan itu kita berniat masuk ke dalam pelaksanaan ibadah haji atau umrah, seseorang dilarang berkata dan beramal dengan hal-hal tertentu, seperti jima’, menikah, melontarkan ucapan kotor, dan lain-sebagainya. Jadi, dapat diartikan bahwa ihram adalah kondisi seseorang yang memasuki kehormatan ibadah haji dengan niatnya.

 

Lagu bagaimana mengenai pakaian ihram wanita yang sebaiknya dikenakan?

 

A. Cara Memilih Pakaian Ihram yang Baik

Sebenarnya bagi jamaah kaum wanita, tidak ada ketentuan khusus seperti apa pakaian ihram yang harus dikenakan. Hal yang terpenting adalah pakaian ihram haruslah menutup aurat dan disaat yang sama kita tidak diperkenankan memakai penutup wajah dan penutup telapak tangan. Berhubung telapak kaki merupakan bagian dari aurat wanita, maka kita perlu persiapkan kaos kaki untuk dipakai saat mengenakan ihram. Dan seperti pembahasan kita di sebelumnya, pemakaian cadar juga dilarang saat kita sedang berihram.

 

B. Perhatikan Bahan Saat Memilih Pakaian Ihram

Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat, tidak panas dan tidak menerawang. Memilih bahan pakaian ihram juga harus Anda sesuaikan dengan kondisi musim disana. Jika Anda melaksanakan ibadah haji atau umroh saat musim panas, maka pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat sehingga bisa membuat Anda nyaman saat disana.

Sebaliknya, jika Anda melaksanakan ibadah haji atau umroh saat musim dingin, pilihlah bahan yang relatif lebih tebal agar keadaan tubuh Anda bisa tetap hangat.

 

C. Pemilihan Warna

Terkait dengan warna pakaian ihram wanita, tidak ada ketentuan khusus di dalamnya. Warna putih pun yang sering dikenakan oleh jamaah kaum wanita lainnya bukan ketentuan mutlak dan juga tidak ada hadist terkait mengenai perintah pakaian ihram wanita harus berwarna putih. Warna putih sebenarnya hanya disunahkan bagi jamaah laki-laki. Sementara bagi wanita, tidak ada ketentuannya. Hanya saja dianjurkan untuk memilih warna-warna yang memberi kesan sederhana. Maka banyak yang memilih warna putih sebagai pakaian ihram karena warna tersebut dirasa tidak terlalu memberi kesan mencolok. Warna-warna lain yang dinilai sederhana diantaranya adalah warna-warna gelap seperti biru tua, hitam, cokelat dan merah tua.

 

D. Pilih Model Potongan yang Sederhana

Sederhana juga ada yang mengartikan agar pakaian ihram wanita tidak banyak hiasan di atasnya, termasuk gambar maupun bordir. Model potongan pakaian yang digunakan juga dianjurkan yang tidak rumit, cenderung lebar namun tidak berlebihan dan dapat menutup aurat dengan baik. Perhatikan juga agar model potongan pakaian ihram tidak ketat dan membentuk badan.  Dengan memilih model potongan pakaian ihram yang sederhana, akan mempermudah gerakan aktivas Anda selama melaksanakan ibadah. Selain itu, tujuan dalam memilih model potongan pakaian ihram yang sederhana dapat menghindarkan kita dari pandangan jamaah kaum pria lainnya.

 

   Nah, jika hal-hal di atas telah Anda penuhi, itu artinya sekarang Anda sudah siap untuk menjalankan umrah. Jika Anda masih bingung dalam mempersiapkan perlengkapan umrah, yuk segera cek ke Toko Nabawi (tokonabawi.com) datanglah atau jika Anda ingin lebih praktis Anda juga bisa belanja online lewat web maupun marketplace kami dan dapatkan aneka pakaian ihram wanita yang dapat memenuhi kriteria di atas.

 




Komentar Artikel "Pakaian Ihram Wanita yang Benar"